Minggu, 02 Februari 2014


Setelah tiga bulan lamanya saya tidak memuaskan nafsu untuk bermesraan dengan toko buku, kemudian meraba halus dan menatap genit ke deretan rak buku. Sang Kuasa memberikan buku sebanyak 5 buah buku pada acara Kampung Budaya yang diselenggarakan oleh Rumah Dunia yang bekerjasama dengan Depdikbud pada tanggal 8-10 November 2013 lalu.

Saya akan mencoba menyusun lembaran-lembaran indah itu dalam suatu file yang  membuat saya kembali tersenyum dan membangkitkan semangat literasi saya. Tidak hanya itu. Saya sangat ingin berbagi mengenai serunya Kopdar, mempunyai kenalan baru, terlebih lagi saya akan bertutur bahwa Rumah Dunia itu keren never ending!


Di acara tersebut saya mendapatkan banyak wawasan, terlebih sahabat baru, keluarga baru, apalagi buku baru. Saya akan merapihkanya, dengan mengingat  coretan-coretan tulisan, dan poto yang  tidak pernah bosan untuk saya pandang dan kemudian kembali tersenyum dan menyisakan kerinduan untuk bersama mereka, para peserta Kampung Budaya. Bagiku bukan sekedar kisah indah peserta, tetapi ada ruang khusus di hati, hingga ku berani melabelkan mereka adalah keluarga. Semoga kita segera menyatukan rindu ini!

Sungguh bahagianya saya mendapatkan 5 buku. Tarian bumi karya oka rusmini, antalogi buku puisi  Air Tanah Debus, antalogi cerpen Wafak Mbah Koyod, Biografi Kartini, dan buku Relawan Dunia.  Tidak pernah membayangkan sebelumnya dalam tiga hari dapat memiliki 5 buku. Ajaib bagi saya!



Buku Relawan Dunia memang adalah jamuan gratis buat peserta Kampung Budaya yang total bisa mengikuti acara KB (Kampung Budaya) selama 3 hari, mendapatkan tas mini, pin sticker dan juga namtag. Hal ini memang biasa. Menjadi tak biasanya karena bisa mendapatkan fasilitas tersebut di kegiatan yang tak berbayar alias FREE.

Buku Tarian Bumi, karya mbak Oka Rusmini. Sebelumnya saya memang orang terkudet mengenai daftar list penulis ternama, yang saya tahu ya Mas Gong, mbak Tyas, Bunda Pipiet Senja, Habiburahman, Asma Nadia, Soolikhin, Prmoedya Ananta Toer dan lain-lain. “Ohhh..” gumam saya teringat kalau Mbak Oka Rusmini salah satu dewan juri lomba yang diadakan oleh UKM Belistra untirta. Dan beliau merupakan penulis wanita terhits saat itu “heloo Anis kemana aja kamu?” . Maka ketika bang Efri, mbak Isti sudah memegang buku Tarian Bumi yang harganya 60.000, saya hanya diam dang kembali berucap “ Ooo..” hingga dalam hati saya bertekad saat itu harus punya buku tersebut, bagaimana caranya harus punya tentunya dalam jalur yang baik.

Biografi Kartini,  terbitan gramedia bukanlah incaran saya saat itu. Saya sangat jatuh cinta buku novel terbitan bukune, tapi tak berjodoh.

Sedangkan dua buku antalogi, puisi dan cerpen. Diberikan ketika berada di cotavillage, awalnya mendapat isu bahwa buku antalogi hasil tulisan peserta KB hanya dapat dimiliki oleh kalangan mereka saja yang mengirimkan naskah puisi dan cerpen. Dan ternyata? Saya dan keluarga KB yang tidak mengirimkan, mendapatkannya. Alhamdulillah.

Bagaimana saya bisa mendapatkan buku Tarian Bumi, dan Biografi Kartini?
Bisa dikatakan tidak begitu susah, dan tidak dapat dibilang mudah juga. Mudah, saya hanya mengacungkan tangan dan mengajukan pertanyaan. Susah, jika banyak penanya dan melatih kesabaran ketika tidak mendapat giliran untuk bertanya. Saya berbeda dengan para peserta KB lainnya. Ketika mereka masih kekeuh dengan gaya duduk dan tangannya yang diacungkan, sedangkan saya? Saya berdiri dan berteriak “Sayaa!” bahkan sambil lompat kecil-kecil, dan berhasil saya selalu mendapat lirikan moderator dan berhasil mencekek microphone dan ba-bi-bu bertanya ini itu. Saya pun mengikuti cara ustad YM, ya saya sangat naksir dengan buku Tarian Bumi, so saya bershalawat dan banyak berharap bahwa buku hijau yang dipajang di depan itu bisa menjadi milik saya! Dan yipiiii! Saya berhasil membuktikan tips dari ustad YM. Mungkin, bisa dicoba gaya aneh saya untuk mendapatkan buku gratis ini! Selamat mencoba ^_<


Bonus poto bareng Mbak Oka, Belum kesampaian poto bareng Mbak Tyas, Mas Gong hoho

Serang, 21.28 WIB
Gemericik hujan plus musikalisasi Ari-Reda.
Jujur saya kangen tanggal 8, 9, 10 November 2013
Lonely ;((


0 komentar:

Posting Komentar

Anis Sofia © 2016