Sabtu, 25 Januari 2014



Gw anti ngomong nikah. 
Eh ini apa?
haha, mungkin ini karma. Ya, ketika gw menyinyir para teteh yang semester akhir, dan saat itu gw masih di tingkat dua. "Dih apaan sih, bentar-bentar ngomongin nikah?". Kan dengernya geli geli, serem gimana gitu. Saat masa unyu-unyu gw bertekad gak akan ngomongin  nikah. 


Tererenggg, dan sekarang apa?


Gilaaak, gw kemakan omongan sendiri. May be lingkungan, atau faktor usia yang menyebabkan sesuatu hal penting ujung-ujungnya da pembahasan janur kuning, eh gak gw juga sih yang jadi kebelinger sama hal sensitif begituan. Dih gimana kagak bisa keomongin yak? Da aneh pisan atuh ya, pas ikut kajian tentang kenegaraan yang ngisinya ustad ternama seantero Indonesia di masjid Sari Asih "Gimana mau bener bangun negara? Kalau belum bangun keluarga?". Bukan pas kajian itu juga, pas ada agenda ketemuan banyak orang se Indenosia tentang mencetak murrabi, apa coba ustad ngomongnya? ya itu ujung-ujungnya nikah -_-".
Helllowww? Pembahasan yang selalu hangat dibicarakan kah?
Nikah itu bukan perkara sering diomongin kan guys? tapi A C T I ON *tsaaah 
Kalau sekedar diomongin sih, bakalan bias. Yang terpentingkan dipersiapkan dengan baik. Ilmunya dimatengin. Masa mau mentah-mentah? Ini kan mencetak generasi yang lebih baik dari kita. Mencetak dokter, ilmuwan, dosen, guru, insinyur, menteri, penulis, voluunter, jundullah, *beuh. Bukan perkara mudah atau susah (Belum pengalaman soalnya :D ). Gw mikirnya sih, kuliah aja butuh empat tahun. Nah gimana mau cetak generasi muda yang hebat, full tebar manfaat, berarti kudu perlu ilmu yang matang kan guys?

Terus gw juga heran. Kenapa sih pas tetangga nikah, langsung pada tersulut api gelora menuju pelaminan. Kan, nikah bukan arena balapan. 
Gw juga heran deh, kenapa yang masih berstatus single, jomblo, bujang apalah namanya. Eh ngumbar-ngumbar keinginannya di sosmed. Padahal curhat dulu aja atuh ya ama  yang Menciptakan kita. Kan kesanya gimana gitu kalau curhat di twitter, FB galau nikah hohoho.

Gw juga heran ama mereka yang udah menggenap. Hobi banget bikin yang masih bersingle ria jadi pada envy ngelihat PPnya nggak nahan. Pernah diskusi nih sama senior di kampus, kalau ngumbar kemesraan gak baik.
"Aihh, kenapa gak boleh ngumbar teh? Kan mereka udah halal?"
           Tanya gw yang masih ingusan kala itu.
" Iya dong, gak boleh (tetehnya langsung nyebutin hadist *gw lupa hadistnya kaya gimana)"
"Coba dek, kan kasihan para ikhwn yang sudah ada rasa ingin menikah. Eh tiba-tiba melihat kemesraan di FB. Mending kalau jadi termotivasi untuk segera, eh kalau malah bikin galau nggak karuan? Apalagi kegalauannya sampai ngebayangin yang enggak-enggak. Kan kasihan dek. Begitupun juga dengan akhwat" lanjut teteh senior menjelaskan.
"Oh gitu yaa teh" elap ingus (eh kagak) mangut-mangut sih gw.
Gw juga heran sama mereka yang suka PHP (Pemberi Harapan Palsu). Hahaa. Dulu gw gak tahu apaan kepanjangan PHP. EH ternyata begono. 
PHP gimana sih Nis maksudnya?
PHP yang bentar-bentar ngasih kode. Nih, ya hati hati untuk mereka, kaum adam. Perempuan itu selalu bermuara pada perasaan. Coba deh perhatiin.
Seringkan nemuin begininan..
  • Perasaan tadi dompet di taro di sini deh! 
  •  Tadi kalau nggak salah sih dosen ngasih tugas deh perasaan saya mah 
  •  Harga buku itu perasaan di bawah 50.000 
Iya, salah satu keajaiban dari sosok perempuan itu dilebihkan dalam perasaan. Beda dengan laki-laki yang mainanya akal, logika. 
so Hubungannya apaan sama perasaan?
Ada laah, nggak sedikit looh. Malah hasil riset gw *biasa anak TRAS maenanya riset :D. Kebanyakan dari sekian perempuan itu mudah tersanjung, ter-geer-kan, ter-pede-kan dengan kebaiakan-kebaikan lelaki yang ditebar.  Nggak salah sih untuk berbuat baik. Toh malahan hebat, dapat pahala banyak, plus Allah makin sayang. Tapi, kudu paham sama objek yang akan diberikan kebaikan, ada beberapa kategori cewek. Ada yang cuek, gampang kegeeran de el el. Kan kasihan kaum hawanya, jadi ter-PHP-kan (bukan pengalaman).

Gw juga heran sama cewek-cowok yang suka maen nge-tag. Dikira barang emang? heuh. Kan itu udah langkah awal yang salah. Udah bermain takdir duluan sama Sang Kuasa.
"Kita itu bersama orang-orang baik. Kegiatan kita juga, in sha Allah baik. Masa gk percaya ngasih kita sama orang yang baik pula".
          diam.
"Eh bagus tuh teh. Itu qoute teteh?"
"Bukan. Itu ucapan dari Anis Matta dek!" 
          seraya mengusap jilbab. 

Detik-detik akhir tulisan, gw ngutip hasil seluncuran gw di dumay catatan FBnya bang Nazrul and blognya kak Alfi Syahriani.
Memang harusnya begitu kan? Kalau kita percaya bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat kita, harusnya kita menerima dengan ikhlas segala ketetapan-Nya. Sayangnya, aku terlambat untuk memahaminya. Tapi tak apalah, untuk hal yang lebih baik, late is better than never, right? Well, harusnya sepasang manusia memutuskan untuk hidup bersama karena sudah siap untuk saling menerima. Bukan sekedar cinta, apalagi hanya ego semata.Okay, dear you; let start to do it.
Serial Genap, Bang Nazrul Anwar.
Awalnya aku kira, menunggu adalah pekerjaan yang membosankan. Seiring berjalannya waktu, aku baru mengerti bahwa menunggu adalah salah satu kebijaksanaan yang diajarkan Tuhan. Iya, Tuhan selalu lebih tahu waktu yang paling tepat, bukan? Kita hanya harus menunggu sampai waktu yang tepat itu datang. Maka siapapun yang percaya bahwa Tuhan lebih tahu mana waktu yang paling tepat, harus selalu menyediakan ruang tunggu di hatinya. Tinggal masalahnya, mau diapakan ruang tunggu itu. Ada yang mengisinya dengan usaha, ada yang menjalaninya dengan tindakan yang sia-sia, ber-iri ria dengan pencapaian orang lain, atau bertanya tidak jelas entah kepada siapa kapan saat untuk dirinya tiba. Ada yang menghiasinya dengan keluh-kesah dan menyalahkan, ada juga yang mengharumkannya dengan aroma kesabaran yang menyebar layaknya udara, yang terpusat di ruang tunggu, lalu perlahan menyeruak  ke ruang lain di dalam hati. Tapi apapun itu, pada dasarnya, kita semua sedang melakukan hal yang sama; menunggu ketetapan-Nya tiba.
Serial Genap, Bang Nazrul Anwar.
Sedangkan yang belum menikah, masih ada ladang-ladang kebaikan yang perlu dilakukan sebelum menghadapi fase yang lebih menantang. Panik sekali-kali mungkin wajar, tetapi berusaha dan berdoa, tentu saja disertai baik sangka, akan sedikit demi sedikit mendekatkan kita dengan mimpi. Janji Allah itu pasti, tetapi “Allah mencintai orang-orang yang sabar”. Menikah itu bukan sekadar memenuhi tuntutan sosial, bukan juga sekadar mengisi kekosongan hati, bukan juga cepat-cepat karena takut perempuannya direbut orang lain, apalagi karena jengah digantung terus menerus. Menikah harus juga dipikirkan masak-masak, dengan jalan yang juga baik, karena ada generasi-generasi yang harus disiapkan untuk kehidupan di masa mendatang yang lebih baik. Jangan sampai, kita dan anak-anak kita kelak menjadi korban karena niat yang salah arah. Wallahu’alam. 
Perkara Jodoh, Alfi Syahriani

Sudah dulu cuap-cuap mengenati Anti Ngomong Nikahnya. Cause gw udah diberi nikmat ngantuk. Yippppiii! Eh, awas aja yee, menjudge gw galau nikah. Kagaklah. Ini nulis cause bete, udah malem susah bobok manis, dan habis berselancar di dumay, and always nemuin yang bermesraan. Kan gimana gitu yaa :P.

Oh iya. Gini toh rasanya jadi semester akhir. Bentar-bentar sering ditanyain..
gimana skripisi?
gimana wisuda?
Kapan nikah? 
 Heuhhh -_-" Mohon doanya saja ya kawan! Agar skripsi saya full berkah.
Eh tapi ntar kalau udah dapat ijazah and ijabsah. pasti ntar ditanyain.
Kapan punya anak?
kapan mulai kerja?
kapan...?
 kapan....? 
 Begitu yaa manusia, yaaa begitulah. 
Dan kemudian gw ngantuk. Tulisan ini hanya iseng belaka ya, yang merasa tersinggung maafin aye yee *sungkeman




Siap-siap bobok cantik.
Selasa, 21 Januari 2014
Alunan musikalisasi Sasina
zZZZZZZzzz


6 komentar:

  1. ehhh, ada yang senyuuum. Aneh ya teh. Maaaf *sungkem

    BalasHapus
  2. jadi kapan Nis?ealah malah nanya xixiixi*piss

    BalasHapus
  3. ahhh, kak May -_-"
    Ajarin aku masak dong kak May buat #eh

    BalasHapus
  4. boleh boleh boleh dengan senang hati hehe ^^ , masak itu hanya butuh latihan nanti lama-lama mahir kok :D sering baca resep entar pas di lapangan juga langsung bisa hehee ^_^

    BalasHapus
  5. ahhhh begitu yaaa rasanya menjadi istri ya teh? #eh
    teh saya kan belum bisa masak itu gimana teh? hhe

    BalasHapus

Anis Sofia © 2016