Selasa, 28 Januari 2014



(Masih edisi bahasa bebas, maklumin aje ye!)

Gw kebelinger, kepala pengen meledek-ledek gegara pengen nulis. Banyak hal yang pengen gw ceritaan ke loe pada. Ya, walau tulisan gw gk sebagus penulis-penulis ternama. And semangat nulis adanya pas detik detik pulsa modem gw mau habis. T.T haduhh.

Sesuai janji beberepa menit yang lalu nih ya! Gw postingin kosa kata yang pertemuan pertama kelas bahasa di Jerman. Med baca kawan! (gw aja belom hapal)




Tag#1

1. Alfabet/ Alphabet
A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z

Tertulis
Dibaca
eu
oi
ch
kh/خ
ei
ai
ie
ii (i panjang)
vokal+h
h tidak dibaca
s
z
z
c

2. Angka/ Zahl
1 (ein), 2 (zwei), 3 (drei), 4 (vier), 5 (fünf), 6 (sechs), 7 (sieben), 8 (acht), 9 (neun), 10 (zehn), 11 (elf), 12 (zwölf), 13 (drei zehn), 14 (vierzehn), 15 (fünzehn), 16 (sechszhen), 17 (sibzehn), 18 (achtzehn), 19 (neunzehn), 20 (zwanzig)
21 (ein und zwanzig)
33 (drei und dreizig)
49 (neun und vierzig)
100 (hundert)



3. Pronomina/ Pronomen
Nom
Akk
Dat
Gen
Saya
ich
mich
mir
mein
Kamu
du
dich
dir
dein
Dia (lk)
er
ihn
ihm
sein
Dia (pr)
sie
sie
ihr
ihr
Dia (ntrl)
es
es
ihm
sein
Kami
wir
uns
uns
unser
Kalian
ihr
euch
euch
euer
Mereka
sie
sie
ihnen
ihre
Anda
Sie
sie
ihnen
ihr

4. To be/ Sein

Sein kini
Sein lampau
ich
bin
war
du
bist
warst
er, sie, es
ist
war
wir
sind
waren
ihr
seid
wart
sie/Sie
sind
waren








5. Kata Kerja/ Zeitwort

No.
K. Kerja 1
K. Kerja 2
K. Kerja 3
Arti
1
essen
gegessen
makan
2
trinken
trank
getrunken
minum
3
schlafen
schlief
geschlafen
tidur
4
lieben
lieb
geliebt
mencintai
5
wohnen
wohn
gewohnt
tinggal
6
lernen
lern
gelernt
belajar
7
fragen
fragt
gefragt
bertanya
8
antworten
anworte
gewanwortet
menjawab
9
kaufen
kauft
gekauft
membeli
10
verkaufen
verkauft
verkauft
menjual
11
vergessen
vergaß
vergessen
lupa
12
kommen
kam
gekommen
datang
13
kochen
kocht
gekocht
memasak
14
sagen
sagt
gesagt
berkata
15
geben
gab
gegeben
memberi
16
besinnen (sich)
besann (sich)
(sich) besonnen
ingat
17
hören
hört
gehört
mendengar
18
schreiben
schrieb
geschrieben
menulis
19
lesen
las
gelesen
membaca
20
sehen
sah
gesehen
melihat


Bayangkan jika kita bisa menghafal 20 kata kerja per minggu/ pertemuan. Itu artinya dalam 12 pertemuan kita akan sudah hafal 240 kata kerja. Kata-kata kerja itu bisa kita ubah menjadi kata benda. Dan bayangkal pula jika kita bisa menghafal 20 kata per hari. Itu berarti 600 kata kerja per bulan. Yang menjadikan kita sanggup menghafal sebanyak itu adalah KOMITMEN.

*ngeJleb banget kan cuy!

6. Konjugasi/ Konjugation


1. Lernen
Arti
Konjugasi “lernen”
Present: kebiasaan dan sedang
ich
lerne
du
lernst
er, sie, es
lernt
wir
lernen
ihr
lernt
sie/Sie
lernen
Present Perfect: sudah
ich
habe gelernt
du
hast gelernt
er, sie, es
hat gelernt
wir
haben gelernt
ihr
habt gelernt
sie/Sie
haben gelernt
Past: lampau
ich
lernte
du
lerntest
er, sie, es
lernte
wir
lernten
ihr
lerntet
sie/Sie
lernten
Pluperfect: sudah pada masa lampau
ich
hatte gelernt
du
hattest gelernt
er, sie, es
hatte gelernt
wir
hatten gelernt
ihr
hattet gelernt
sie/Sie
hatten gelernt
Future: akan=werden
ich
werde lernen
du
wirst lernen
er, sie, es
wird lernen
wir
werden lernen
ihr
werdet lernen
sie/Sie
werden lernen
Future Perfect: akan sudah di masa depan
ich
Werde gelernt haben
du
Wirst gelernt haben
er, sie, es
Wird gelernt haben
wir
Werden gelernt haben
ihr
Werdet gelernt haben
sie/Sie
Werden gelernt haben


2. Sein (to be)

Arti
Konjugasi “wohnen”
Present
ich
Bin
du
bist
er, sie, es
ist
wir
Sind
ihr
Seid
sie/Sie
sind
Present Perfect
ich
bin gewesen
du
bist gewesen
er, sie, es
ist gewesen
wir
sind gewesen
ihr
seid gewesen
sie/Sie
sind gewesen
Past
ich
war
du
warst
er, sie, es
war
wir
waren
ihr
wart
sie/Sie
waren
Pluperfect
ich
war gewesen
du
warst gewesen
er, sie, es
war gewesen
wir
waren gewesen
ihr
wart gewesen
sie/Sie
waren gewesen
Future
ich
werde sein
du
wirst sein
er, sie, es
wird sein
wir
werden sein
ihr
werdet sein
sie/Sie
werden sein
Future Perfect
ich
werde gewesen sein
du
wirst gewesen sein
er, sie, es
wird gewesen sein
wir
werden gewesen sein
ihr
werdet gewesen sein
sie/Sie
werden gewesen sein


oke
Tchusss!

Masih pleatak pletuk, pembangunan asrama nih hoho. 11.21 pm
masih alunan ELIF "Ich bin da"


0 komentar:

Posting Komentar

Anis Sofia © 2016